Julia Ikasarana

Julia mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Politik dari Universitas Indonesia pada 2013, dengan skripsi yang berjudul “Representasi Politik Perempuan dalam Tuntutan Legalisasi Aborsi di Uruguay”. Sebelumnya, ia bekerja sebagai peneliti di Puskapol UI (2013–2017). Selama ini ia banyak mengerjakan riset dan program yang bersinggungan dengan tema Perempuan dan Politik, yang merupakan konsentrasi dan minat studinya selama ini. Julia juga merupakan alumni Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) Professional Fellow Program Fall 2018 yang didukung oleh U.S. Department of State dan berkesempatan untuk menjalankan fellowship di Office of Orange County Supervisor – Michelle Steel, Santa Ana, California.

Pengalaman kerja riset sebagai peneliti dan fasilitator yang pernah dikerjakan diantaranya adalah: “Asian Democracy Index 2013: Persistent Oligarchy and Rising Civic Participation in Indonesia, The Consortium for Asian Democracy Index” (CADI) sebagai asisten peneliti (2013), Pendidikan Pemilih tentang Transaksi Politik dalam Pemilu, sebagai asisten peneliti (2013), “Women Leadership Program: Women Participation in Indonesian Election” sebagai asisten peneliti dan co-fasilitator (2013-2014), Potret Keterpilihan Anggota Legislatif Hasil Pemilu 2014 sebagai peneliti muda (2014), Kepemimpinan Perempuan dalam Partisipasi Politik Warga di Tingkat Lokal, sebagai peneliti muda dan fasilitator (2014-2015), Kerja Merancang Kebijakan, sebagai peneliti muda dan co-fasilitator, (2015), Grand Design Tata Kelola Desa yang Partisipatif, Adil, dan Setara, sebagai peneliti muda (2016), Perempuan Memimpin Peningkatan Partisipasi Perempuan di KPU RI dan Bawaslu RI sebagai asisten peneliti (2016-2017).

Publikasi:

  • Modul Materi Pelatihan Kepemimpinan Perempuan dalam Kepemiluan (Tim Penulis, Puskapol UI-2014)
  • Potret Keterpilihan Anggota Legislatif Hasil Pemilu (Tim Penulis, Puskapol UI-2014)
  • Kerja Merancang Kebijakan (Tim Penulis, Puskapol UI-2015)
  • Modul Pelatihan Kepemimpinan Perempuan dalam Partisipasi Politik Warga di Tingkat Lokal (Tim penulis, Puskapol UI-2015)
  • Video kampanye “Saatnya Perempuan Memimpin!” untuk program Peningkatan Partisipasi Perempuan di KPU RI dan Bawaslu RI sebagai koordinator tim produksi (2017).
  • Artikel opini “Seleksi Penyelenggara Pemilu yang Adil bagi Perempuan” di www.magdalene.co (13 Maret 2017)