Workshop “Akses dan Penggunaan Pangkalan Data Politik Dataspasial.id”

Diunggah pada

Pada 17 Februari 2021, Cakra Wikara Indonesia (CWI) menyelenggarakan workshop “Akses dan Penggunaan Pangkalan Data Politik Dataspasial.id”. Dataspasial.id adalah sebuah pangkalan data politik berperspektif gender yang menyajikan data terpilah hasil pemilu dan kekuatan partai politik di Indonesia secara lintas waktu dalam format geospasial, yang dibangun oleh CWI. Kegiatan workshop ini diselenggarakan dalam rangka memperkenalkan pangkalan data politik tersebut, serta memberikan pemahaman dan praktik kepada publik dalam mengakses dan mengunakannya. Workshop ini diikuti oleh peserta dengan berbagai latar belakang seperti mahasiswa, akademisi, peneliti dan aktivis masyarakat sipil.

Tujuan dari workshop ini di antaranya adalah agar (1) peserta memahami cara mengakses pangkalan data politik dataspasial.id; (2) peserta dapat mempraktikkan secara mandiri pencarian data di dataspasial.id dalam bentuk spasial, tabel dan grafik; (3) peserta mengetahui ragam/jenis informasi dan data yang tersedia di dataspasial.id.

Untuk mengetahui lebih lanjut cara mengakses dan menggunakan dataspasial.id, petunjuk dapat diunduh pada bagian lampiran.

Lampiran