Election Visit Program 2020

Diunggah pada

Pada 8-9 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengadakan Election Visit Program (EVP) seiring dengan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020. Cakra Wikara Indonesia (CWI) turut berpartisipasi menjadi peserta program ini.

Di hari pertama, peserta EVP mengikuti seminar yang dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama membahas serba-serbi Pilkada Serentak 2020, mulai dari proses pendaftaran pemilih, pencalonan dan kampanye, sampai dengan pemungutan dan penghitungan suara. Sesi ini diisi oleh tiga komisioner KPU RI: Ibu Evi Novida Ginting Manik, Bapak Viryan, dan Bapak I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi.

Sedangkan sesi kedua membahas pengalaman negara-negara lain yang juga melaksanakan pemilu di masa pandemi. Sesi ini diisi oleh perwakilan dari KPU Korea Selatan, India, dan Afrika Selatan, serta perwakilan dari International Foundation for Electoral Systems (IFES) yang hadir secara daring.

Di hari selanjutnya, peserta EVP yang dibagi menjadi empat kelompok melakukan kunjungan ke beberapa TPS di Tangerang Selatan, salah satu daerah yang menyelenggarakan pilkada.

Dalam kunjungan ini, peserta EVP ikut memantau proses pemungutan dan penghitungan suara. Hasil pemantauan tersebut kemudian dipresentasikan dan didiskusikan bersama di ICE BSD.