Diunggah pada

Diskusi Publik “Perempuan sebagai Kepala Daerah: Pola Kepemimpinan dan Kebijakan”

Cakra Wikara Indonesia (CWI) telah melakukan rangkaian kegiatan riset bertema Kepemimpinan Perempuan dalam Pemerintahan Daerah di lima wilayah selama November 2019 – Agustus 2020. Riset ini bertujuan mengidentifikasi kekhasan kepemimpinan kepala daerah perempuan, berbagai tantangan dalam menjalani proses pilkada hingga berhasil terpilih, serta strategi kepala daerah perempuan dalam mengelola hubungan dengan partai politik, birokrasi dan konstituen.

Dalam kerangka kegiatan riset ini CWI bermaksud menyelenggarakan diskusi publik bertema “Perempuan sebagai Kepala Daerah: Pola Kepemimpinan dan Kebijakan”. Dalam diskusi ini, tiga orang kepala daerah perempuan akan menceritakan pengalamannya selama proses pilkada dan setelah terpilih menjabat sebagai kepala daerah. Pengalaman ini kemudian akan disandingkan dengan temuan CWI yang disusun melalui riset di atas. CWI berharap melalui diskusi ini terbangun narasi pengalaman perempuan sebagai kepala daerah yang terpilih melalui proses pilkada serta pengalamannya selama menjabat sebagai kepala daerah. Narasi ini diharapkan dapat menjadi pengetahuan dan referensi bagi publik tentang kepemimpinan dan pola kebijakan kepala daerah perempuan.

Tujuan diskusi publik

Mendengarkan pengalaman kepala daerah perempuan dimulai dari proses pencalonannya dalam pilkada terdahulu hingga terpilihnya menjabat sebagai kepala daerah, dan menyandingkannya dengan temuan hasil riset CWI tentang ragam pola kepemimpinan dan kebijakan perempuan sebagai Kepala Daerah berdasarkan temuan studi kasus di lima daerah

Waktu, Tempat dan Panel

Diskusi publik ini diselenggarakan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom pada hari Selasa, 25 Agustus 2020 pukul 10.00 – 12.00 WIB. Webinar ini juga ditayangkan live melalui kanal youtube Cakra Wikara Indonesia.

Panel pada diskusi ini terdiri dari:

  1. dr. Faida, MMR (Bupati Jember)
  2. Dra. Dewanti Rumpoko, M.Si (Walikota Batu)
  3. dr. Cellica Nurrachadiana (Bupati Karawang)
  4. Dirga Ardiansa (Cakra Wikara Indonesia)
  5. Moderator: Nur Iman Soebono (Departemen Ilmu Politik, FISIP UI)

Diskusi ini juga dapat disaksikan di kanal Youtube Cakra Wikara Indonesia

Materi diskusi publik dapat diunduh dibawah ini

Lampiran