Peluncuran Buku dan Database Geospasial Politik

Diunggah pada

Cakra Wikara Indonesia pada hari Selasa tanggal 2 Oktober 2018 melaksanakan rangkaian acara peluncuran dua buah buku, database geospasial politik, dan diskusi dengan tema “Mendorong Tata Kelola Politik yang Partisipatif, Adil, dan Setara”.

Pada sesi pertama diawali dengan kegiatan peluncuran Database Geospasial Politik CWI. Database ini merupakan database berbasis sistem informasi geografis yang mampu menampilkan data-data lintas sektor secara deret waktu yang terkait dengan politik. Database ini bisa menyajikan data dalam tiga tampilan yaitu peta spasial, tabulasi, dan grafik sesuai preferensi pengguna untuk deskripsi dan analisis data.

Database Geospasial Politik CWI bisa diakses via browser melalui www.dataspasial.id dengan menggunakan PC,Notebook, Laptop dan Tablet yang memiliki layar yang besar.

Pada acara peluncuran database, dilakukan tutorial dan simulasi singkat dengan menyajikan data-data hasil pemilu terutama yang berkaitan dengan angka keterpilihan perempuan di berbagai wilayah di Indonesia.

Berikut tampilan dari Database Geospasial Politik CWI

Pada sesi kedua, merupakan diskusi dan peluncuran buku yang berjudul Menyoal Data Representasi Perempuan di Lima Ranah. Buku ini membahas data representasi perempuan di lima ranah, yaitu lembaga legislatif, lembaga penyelenggara pemilu yang mencakup Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu, kepengurusan Dewan Pengurus Pusat (DPP) partai politik, birokrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di 34 kementerian dan pimpinan daerah (kepala daerah dan wakil kepala daerah). Tujuan utama buku ini adalah menyajikan data deskriptif yang menggambarkan representasi perempuan di lima ranah tersebut. Secara keseluruhan data jumlah perempuan di kelima ranah tersebut memperlihatkan masih terjadinya ketimpangan representasi perempuan dalam lembaga formal pemerintah,meskipun ada beragam konteks kebijakan yang juga perlu dipahami dalam membaca data di masing-masing ranah.

Diskusi buku ini, menghadirkan narasumber yang terdiri dari

Ani Soetjipto (Akademisi UI) ; Hetifah Sjaifudian (Anggota DPR-Golkar) ; Rahayu Saraswati (Anggota DPR-Gerindra) ; Eva Sundari (Anggota DPR-PDIP); Anna Margret (Ketua CWI-Tim penulis buku)

 

 

Buku Menyoal Data Representasi Perempuan di Lima Ranah bisa diunduh melalui  http://cakrawikara.id/publikasi/buku/menyoal-data-representasi-perempuan-di-lima-ranah/

 

Pada sesi ketiga, merupakan diskusi dan peluncuran buku Transaksi Politik Warga: Mendorong Partisipasi Politik Warga dalam Pemilu dan Perencanaan Pembangunan.

Buku ini mendasarkan bahwa politik merupakan proses alokasi dan distribusi sumber daya yang berjalan terus menerus tanpa henti dalam aktivitas keseharian masyarakat. Pemilu hanyalah sebuah momentum ketika posisi tawar warga meninggi untuk bernegosiasi atau bertransaksi mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan. Soal transaksi dalam berbagai literatur klientelisme politik kerap direduksi menjadi bentuk jual beli suara individu pemilih dengan kandidat. Tapi perlu disadari bahwa berbagai literatur kajian klientelisme politik yang ada, memiliki kelemahan yaitu tidak menempatkan transaksi atau pertukaran sebagai bentuk tindakan kolektif warga untuk mendapatkan sumber daya bersama yang tidak bersifat diskriminatif. Perspektif politik distributif menjadi landasan untuk mengkaji lebih dalam tentang transaksi politik warga. Kajian transaksi politik warga ini merupakan topik studi partisipasi politik yang ditekuni oleh para peneliti Cakra Wikara Indonesia (CWI) sejak 2012. Berbagai hasil studi ini digunakan sebagai materi pendidikan politik warga.

Riset ini mengangkat momen pilkada DKI Jakarta 2012 dan 2017 ketika kelompok warga di wilayah Utara dan Selatan Jakarta mengorganisir diri dan melakukan kontrak politik dengan kandidat peserta pilkada gubernur Jakarta. Buku ini menjelaskan bagaimana kompleksitas dari proses distribusi dan alokasi sumber daya dalam momen pilkada baik berbentuk transaksi klientelistik maupun programatik.

Diskusi buku ini, menghadirkan narasumber yang terdiri dari

Evi Mariani (The Jakarta Post) ; Sri Budi Eko Wardani (Akademisi UI) ; Philips J. Vermonte (CSIS); Dirga Ardiansa (CWI-Tim penulis buku)

Buku Transaksi Politik Warga: Mendorong Partisipasi Politik Warga dalam Pemilu dan Perencanaan Pembangunan dapat diunduh pada tautan berikut  http://cakrawikara.id/publikasi/buku/transaksi-politik-warga-mendorong-partisipasi-politik-warga-dalam-pemilu-perencanaan-pembangunan/