Menjalin Kemitraan dalam Sektor Pengetahuan

Diunggah pada

Cakra Wikara Indonesia (CWI), pada Rabu, 2 Agustus 2017 lalu berkesempatan mengisi acara Forum Kemitraan yang diselenggarakan atas kerjasama Knowledge Sector Initiative (KSI) dan CCPHI, organisasi non-profit yang mempromosikan dan memfasilitasi kemitraan antara perusahaan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pemerintah lokal untuk masyarakat yang sehat dan berkelanjutan.

Forum yang diadakan setiap tiga bulan ini merupakan wadah bagi para anggotanya untuk mendiskusikan bagaimana mereka dapat secara efektif bermitra satu sama lain termasuk dengan pemerintah di berbagai isu pembangunan berkelanjutan mencakup isu sosial, lingkungan hidup hingga peningkatan ekonomi. Tujuan yang ingin dicapai termasuk peningkatan ketersediaan informasi dan akses pelayanan publik utamanya yang menjangkau lebih banyak perempuan dan anak.

Pada forum yang bertema “Kemitraan dalam Sektor Pengetahuan: Kerjasama Riset untuk Pembuatan Kebijakan” ini CWI yang diwakili oleh Anna Margret, membagikan informasi dan pembelajaran kepada para anggota Forum Kemitraan yang hadir dalam hal kemitraan yang dibangun antara CWI dan KSI. Pembelajaran yang dimaksud ialah bagaimana kemitraan dibentuk dan diimplementasikan serta bagaimana hasil dan dampaknya.

Sebagai salah satu dari 16 mitra, kemitraan CWI dan KSI dalam sektor pengetahuan dibangun atas dasar keyakinan bersama tentang pentingnya penguatan proses produksi pengetahuan di Indonesia, dilakukan sebagai rangkaian kerjasama para pemangku kepentingan (lembaga riset, mitra pembangunan, sektor pemerintah maupun non-pemerintah) untuk pembenahan kapasitas kelembagaan dengan mencakup manajemen yang transparan dan akuntabel, kecakapan riset, keluasan jejaring kerja, serta kemampuan menerjemahkan kontribusi hasil riset terhadap pembuatan kebijakan publik berbasis bukti/ evidence-based policy. Untuk mendukung penjelasan tersebut, Anna Margret juga menjelaskan beberapa ilustrasi program kemitraan baik dalam sektor pengetahuan maupun penguatan kelembagaan yang sudah dijalankan CWI.

Sebagai penutup, Anna menjelaskan bahwa “Sektor Pengetahuan merupakan ruang kerja yang sangat luas karena mencakup keseluruhan proses produksi pengetahuan serta melibatkan banyak pihak. Kejernihan target serta perencanaan menjadi sangat penting sejak awal desain program, namun juga penting untuk dijaga kelenturannya karena rangkaian faktor eksternal seperti situasi politik dan hubungan bilateral negara ikut mempengaruhi dukungan atas program.”